ROI GONZALES SILALAHI: March 2014

Logo Gunadarma

Logo Gunadarma

Thursday 27 March 2014

IFAC dan IASB

IFAC (International Federation of Accountants)

Ikhtisar Organisasi
Misi

Misi IFAC adalah untuk melayani kepentingan publik dengan: memberikan kontribusi bagi pengembangan standar kualitas tinggi dan bimbingan; memfasilitasi adopsi dan penerapan standar kualitas tinggi dan bimbingan , memberikan kontribusi bagi pengembangan organisasi akuntansi profesional yang kuat dan perusahaan akuntansi dan tinggi kualitas praktek oleh akuntan profesional, dan mempromosikan nilai akuntan profesional di seluruh dunia, dan berbicara tentang isu-isu kepentingan publik.

Visi
Visi IFAC adalah bahwa profesi akuntansi global yang diakui sebagai pemimpin dihargai dalam pengembangan organisasi yang kuat dan berkelanjutan, pasar keuangan, dan ekonomi.

Strategi & Operasi
Rencana Strategis
The IFAC 2013-2016 Renstra menguraikan bagaimana IFAC akan memenuhi misi ini dan memberikan nilai kepada berbagai konstituen nya - masyarakat, anggota dan asosiasi, perusahaan, organisasi akuntansi daerah dan akuntan profesional di seluruh dunia.
Rencana Operasional
Rencananya menguraikan hubungan antara kegiatan dan layanan IFAC pada 2013 dan misi dan strategi diartikulasikan dalam rencana strategis. Ini rincian layanan direncanakan akan disampaikan selama 2013, estimasi biaya pengiriman layanan tersebut, hal-hal organisasi dan staf khusus yang harus ditangani selama 2013, dan anggaran 2013 untuk mendukung operasi.

Laporan Tahunan
Laporan tahunan IFAC merinci kegiatan yang telah dilakukan selama tahun lalu untuk memenuhi misi ini dan sejauh mana telah memenuhi tujuan strategisnya. IFAC Laporan Tahunan Tahun 2012  menandai langkah pertama IFAC terhadap menghasilkan laporan tahunan yang terintegrasi.  What We Do  dan  Bagaimana Kami Apakah Ini  memberikan gambaran terpadu kegiatan IFAC itu, prestasi, struktur, dan proses, sambil melihat baik ke masa lalu dan ke masa depan untuk menghormati transisi kepemimpinan dari CEO Ian Bola kepada penggantinya Fayez Choudhury. The  PIOB, CAGS, dan Independen Standar-Mengatur Board  menyediakan informasi yang relevan mengenai papan IFAC mendukung. The  Delivery Service dan Laporan Keuangan  memberikan laporan rinci tentang input dan output IFAC itu.

Sejarah
Pembinaan
The International Federation of Accountants didirikan pada tanggal 7 Oktober 1977, di Munich, Jerman, pada Kongres Dunia ke-11 Akuntan.
IFAC didirikan untuk memperkuat profesi akuntansi di seluruh dunia untuk kepentingan umum oleh:
·                Mengembangkan standar internasional yang berkualitas tinggi dalam audit dan jaminan, akuntansi sektor publik, etika, dan pendidikan bagi akuntan profesional dan mendukung adopsi mereka dan menggunakan;
·                Memfasilitasi kolaborasi dan kerjasama antar instansi anggotanya;
·                Berkolaborasi dan bekerja sama dengan organisasi internasional lainnya, dan
·                Melayani sebagai juru bicara internasional untuk profesi akuntansi.
Pada pertemuan pertama Majelis IFAC dan Dewan pada bulan Oktober 1977, sebuah program kerja 12-point dikembangkan untuk memandu komite IFAC dan staf melalui lima tahun pertama kegiatan. Banyak elemen dari program kerja ini masih relevan sampai sekarang. Dimulai dengan 63  anggota pendiri  dari 51 negara pada tahun 1977, keanggotaan IFAC telah berkembang menjadi sekarang termasuk 179  anggota dan asosiasi  di 130 negara dan yurisdiksi di seluruh dunia (Pada November 15, 2012).

IFAC Board & Komite
IFAC telah membentuk sejumlah dewan dan komite untuk mengembangkan standar dan pedoman internasional dan untuk fokus pada sektor-sektor tertentu dari profesi:
Dewan / Komite
Tanggal Berdiri
International Auditing dan Jaminan Standards Board (sebelumnya Komite Audit Praktek Internasional)
Oktober 1977
International Accounting Standards Board Pendidikan (sebelumnya Komite Pendidikan)
Oktober 1977
International Etika Dewan Standar untuk Akuntan (sebelumnya Komite Etika)
Oktober 1977
Akuntan profesional di Komite Usaha (sebelumnya Komite Akuntansi Keuangan dan Manajemen dan awalnya didirikan sebagai Komite Manajemen Akuntansi)
Oktober 1977
International Public Sector Accounting Standards Board (sebelumnya Komite Sektor Publik)
Mei 1987
Transnasional Komite Auditor
Mei 2000
Compliance Advisory Panel
November 2003
Akuntansi Komite Pengembangan Organisasi Profesional (sebelumnya Mengembangkan Komite Nations)
November 2005
Komite Praktek Kecil dan Menengah
November 2005

Keanggotaan
IFAC terdiri dari 179 anggota dan asosiasi di 130 negara dan yurisdiksi *, mewakili sekitar 2,5 juta akuntan dalam praktek publik, pendidikan, layanan pemerintah, industri, dan perdagangan. Anggota IFAC adalah organisasi akuntansi profesional yang diakui oleh hukum atau konsensus umum dalam negara mereka sebagai organisasi nasional yang cukup besar. Organisasi Nasional dapat mengajukan permohonan untuk menjadi perusahaan asosiasi IFAC mana organisasi bekerja menuju keanggotaan.
Anggota yang diperlukan untuk mendukung misi dan program IFAC Anak; menunjukkan kepatuhan dengan Laporan Kewajiban Keanggotaan , secara finansial dan layak operasional, dan memiliki struktur pemerintahan yang sesuai; membuat kontribusi keuangan, dan memenuhi kriteria lain yang dijelaskan dalam Proses Aplikasi Keanggotaan , yang IFAC Konstitusi , dan IFAC Anggaran Rumah Tangga . Asosiasi status terbuka untuk organisasi akuntansi profesional yang belum memenuhi semua kriteria penerimaan anggota, tetapi menunjukkan komitmen untuk memenuhi kriteria tersebut dan maju untuk keanggotaan.
IFAC juga memiliki Afiliasi , organisasi yang tidak memenuhi kriteria penerimaan asosiasi tetapi terlibat dalam pengembangan profesi akuntansi.
IFAC juga bekerja dengan Diakui Organisasi Regional dan diakui Akuntansi Pengelompokan, badan independen yang mendukung pengembangan profesi akuntansi internasional, memfasilitasi konvergensi dengan standar internasional, dan menyediakan kepemimpinan dalam mengatasi isu-isu yang mempengaruhi profesi akuntansi di daerah dan / atau konstituen mereka. Organisasi Regional anggota IFAC dukungan dan profesi dalam suatu wilayah geografis, Akuntansi Pengelompokan mempertemukan organisasi akuntansi profesional dengan kesamaan tertentu, seperti bahasa, budaya, kedekatan, perdagangan, dll
* Pada November 15, 2013

Kebijakan Publik & Peraturan
Sebagai organisasi global yang mewakili profesi akuntansi, IFAC diposisikan secara unik untuk penelitian dan mewakili pandangan dari profesi dan para pemangku kepentingan. IFAC berkomitmen untuk menjadi suara profesi global dan untuk mengambil posisi kepemimpinan pada isu-isu kepentingan publik di mana keahlian akuntansi profesi adalah yang paling relevan. Daerah ini meliputi: konvergensi internasional peraturan, adopsi global pelaporan internasional dan profesional standar kualitas tinggi, penetapan standar untuk kepentingan umum, keberlanjutan dan pelaporan terintegrasi, SMP dan UKM masalah, dan pelaporan dan transparansi sektor publik. posisi kebijakan formal yang dikeluarkan sebagai Kebijakan Posisi Papers . IFAC menyampaikan Surat Komentar dan rekomendasi kepada organisasi global dan regional, seperti The Group of Twenty (G-20), Komisi Eropa, dan IFRS Foundation. IFAC juga mengkoordinasikan pembentukan dan kerja dari Sektor Swasta Taskforce Profesi Diatur dan Industri . Petugas IFAC juga mempromosikan pandangan dan posisi kebijakan profesi melalui pidato dan perwakilan di berbagai forum internasional, pertemuan dan konferensi.

Forum Perusahaan
Secara resmi didirikan pada tahun 2002, Forum Perusahaan (FOF, Forum) adalah sebuah asosiasi jaringan internasional dari perusahaan-perusahaan akuntansi yang melakukan audit transnasional . Anggota Forum telah berkomitmen untuk mematuhi dan mempromosikan aplikasi yang konsisten dari praktik audit berkualitas tinggi di seluruh dunia, sebagaimana tercantum dalam Konstitusi FOF .
Persyaratan Keanggotaan & Kewajiban
·                Keanggotaan di Forum ini terbuka untuk jaringan dan perusahaan dari semua ukuran yang melakukan, atau memiliki kepentingan dalam melakukan, audit transnasional; mempromosikan penerapan yang konsisten dari praktik audit berkualitas tinggi dan standar di seluruh dunia, dukungan konvergensi standar audit nasional dengan  Standar Internasional Perikatan Audit (ISA) , dan berkomitmen untuk memenuhi kewajiban keanggotaan Forum.
·                Kewajiban anggota Forum mengharuskan anggota:
·                Mempertahankan standar kontrol kualitas sesuai dengan Standar Internasional tentang Quality Control (ISQC 1) diterbitkan oleh IAASB di samping standar kontrol kualitas nasional yang relevan;
·                Perilaku, sejauh tidak dilarang oleh peraturan nasional, dikoordinasikan secara global ulasan penjaminan mutu internal teratur;
·                Memiliki kebijakan dan metodologi untuk pelaksanaan audit transnasional yang berbasis, sejauh memungkinkan, pada Standar Internasional tentang Audit (ISA) yang dikeluarkan oleh IAASB ;
·                Memiliki kebijakan dan metodologi yang sesuai dengan IESBA Kode Etik Akuntan Profesional dan kode etik nasional, dan
·                Setuju untuk menyerahkan kepada Sekretaris Forum laporan tahunan, dalam format yang disetujui, menunjukkan bahwa memenuhi kewajiban keanggotaan ditetapkan di atas.
Jaringan internasional dari perusahaan berlatih di bawah nama yang sama atau yang anggota perusahaan yang dinyatakan diidentifikasi erat dengan satu sama lain, seperti melalui unsur-unsur umum dalam nama mereka, akan diharapkan untuk bergabung sebagai satu organisasi.

Anggota
Anggota adalah mereka jaringan atau perusahaan yang telah memuaskan mengajukan laporan tahunan kepada Komite Auditor Transnasional (TAC) yang menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi kewajiban keanggotaan Forum selama periode pelaporan. Anggota penuh berhak untuk menggambarkan diri mereka sebagai tersebut sesuai dengan kata-kata yang akan ditentukan oleh Forum.
Anggota saat ini:
·                Baker Tilly International Limited
·                BDO
·                Constantin Associates Jaringan
·                Crowe Horwath International
·                Deloitte Touche Tohmatsu Terbatas
·                Ernst & Young Global Limited
·                Hibah Thornton International Ltd
·                HLB International
·                IECnet
·                JPA International
·                KPMG International Cooperative
·                Kreston International
·                Kudos Jaringan Internasional
·                Mazars
·                Moore Stephens International Limited
·                Nexia International
·                PKF International Limited
·                PricewaterhouseCoopers International
·                RSM International Limited
·                Russell Bedford International
·                SMS Latinoamérica
·                Talal Abu Ghazaleh & Co International
·                TUGAS International
·                UHY International Limited

Afiliasi
Jaringan atau perusahaan yang tertarik untuk menjadi anggota dapat berpartisipasi dalam Forum sebagai afiliasi selama periode sebelum aplikasi formal mereka. Status afiliasi akan berakhir pada awal a) pengembangan menjadi keanggotaan penuh atau b) tiga tahun sejak tanggal penerimaan oleh TAC sebagai afiliasi. Afiliasi harus berjanji untuk tidak mempublikasikan hubungan mereka dengan Forum atau status afiliasi mereka di situs Web mereka, publikasi, dan kop surat.
Afiliasi saat ini:
·                Auren
·                FinExpertiza

IASB (International Accounting Standards Board)
Tentang IFRS Foundation dan IASB
The IFRS Foundation adalah sebuah , tidak-untuk organisasi nirlaba swasta independen yang bekerja untuk kepentingan umum .
Tujuan utama dari IFRS Yayasan adalah :
·                untuk mengembangkan satu set berkualitas tinggi , dapat dipahami , dilaksanakan dan diterima secara global Standar Pelaporan Keuangan Internasional ( SAK ) melalui tubuh penetapan standar nya, Dewan Standar Akuntansi Internasional ( IASB ) ;
·                untuk mempromosikan penggunaan dan penerapan yang ketat dari standar tersebut ;
·                untuk memperhitungkan kebutuhan pelaporan keuangan negara-negara berkembang dan entitas kecil dan menengah ( UKM ) , dan
·                untuk mempromosikan dan memfasilitasi penerapan SAK , menjadi standar dan interpretasi yang dikeluarkan oleh IASB , melalui konvergensi standar akuntansi nasional dan SAK .
Tata kelola dan pengawasan kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan IFRS dan tubuh penetapan standar yang terletak pada Pengawas nya , yang juga bertanggung jawab untuk menjaga independensi IASB dan memastikan pembiayaan organisasi . Pengawas bertanggung jawab secara terbuka kepada Dewan Pemantauan otoritas publik .

Penetapan standar
The IASB ( International Accounting Standards Board)
The IASB adalah badan independen penetapan standar dari IFRS Foundation. Anggotanya ( saat ini 16 anggota penuh - waktu ) bertanggung jawab untuk pengembangan dan publikasi SAK , termasuk IFRS untuk UKM dan untuk menyetujui Interpretasi SAK seperti yang dikembangkan oleh Komite Interpretasi IFRS ( sebelumnya disebut IFRIC ) . Semua pertemuan IASB diadakan di depan umum dan webcast . Dalam menjalankan tugas penetapan standar yang IASB mengikuti proses hukum yang menyeluruh , terbuka dan transparan yang publikasi dokumen konsultasi , seperti makalah diskusi dan draft eksposur , untuk komentar publik merupakan komponen penting . The IASB terlibat erat dengan para pemangku kepentingan di seluruh dunia , termasuk investor , analis , regulator , pemimpin bisnis , akuntansi standar - setter dan profesi akuntansi .
IFRS Komite Interpretasi
The IFRS Komite Interpretasi adalah badan interpretatif IASB . Komite Interpretasi terdiri dari 14 anggota voting ditunjuk oleh Pengawas dan ditarik dari berbagai negara dan latar belakang profesi . Mandat Komite Interpretasi adalah untuk meninjau pada isu-isu akuntansi yang tepat waktu secara luas bahwa telah muncul dalam konteks SAK saat ini dan untuk memberikan bimbingan otoritatif ( IFRICs ) pada isu-isu tersebut . Rapat Komite Interpretasi terbuka untuk umum dan webcast . Dalam mengembangkan interpretasi , Komite Interpretasi bekerja sama dengan komite nasional yang sama dan mengikuti transparan , menyeluruh dan terbuka proses hukum.

Mendukung tujuan IFRS Yayasan
Semua kegiatan lain yang dilakukan oleh IFRS Yayasan dalam mendukung tujuan organisasi yang dikelola oleh staf IFRS Foundation .
Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi:
·                Penciptaan sebuah taksonomi XBRL untuk SAK dan IFRS untuk UKM untuk memfasilitasi penggunaan elektronik , pertukaran dan komparabilitas data keuangan disusun sesuai dengan SAK . Hal ini dilakukan oleh tim XBRL IFRS .
·                Produksi berkualitas tinggi , dapat dipahami dan up to date material termasuk bahan pelatihan bebas didownload untuk IFRS untuk UKM , dan organisasi konferensi dan lokakarya tentang SAK . Kegiatan ini dikelompokkan dalam IFRS Yayasan Pendidikan Initiative .
·                Perlindungan merek IFRS dan dukungan adopsi melalui isu-isu terjemahan dan hak cipta dan memberikan kontribusi terhadap pembiayaan organisasi melalui penyediaan layanan publikasi . Kegiatan ini dikelompokkan dalam Content Management .
·                Operasi , termasuk pengelolaan dan dukungan bagi organisasi sehari- hari . Juga ada komunikasi , meningkatkan dan memperluas hubungan eksternal , dan mempromosikan pemahaman yang lebih baik dari pekerjaan organisasi .

Tentang pengaturan tata kelola dan akuntabilitas organisasi
The IFRS Foundation dan independen penetapan standar tubuhnya, IASB, memberikan akuntabilitas publik melalui transparansi kerja mereka, konsultasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan dalam proses penetapan standar, dan link akuntabilitas formal kepada publik. Para pemimpin dari negara ekonomi utama, melalui G20, telah menegaskan pentingnya standar-setter independen bertanggung jawab kepada kepentingan umum.
Akuntabilitas publik, dipastikan dengan konstitusi dan tata kelola pengaturan organisasi, sangat penting untuk keberhasilan organisasi. Ini adalah responsiblity Pembina ' untuk memastikan bahwa pengaturan tata kelola yang tepat berada di tempat dan diamati oleh seluruh bagian organisasi.
Para Pembina 'efektivitas dalam menjalankan fungsi mereka dinilai setiap tahun oleh Pengawas'Karena Proses Komite Pemantau .

Pilar akuntabilitas publik organisasi adalah:

·                Dewan Pemantauan
The Pengawas telah membentuk link akuntabilitas publik formal untuk Dewan Pemantauan otoritas pasar modal publik.
·                Konstitusi Ulasan
Konstitusi IFRS Yayasan membutuhkan Pengawas untuk melakukan review lima tahunan formal, publik, Konstitusi.
·                Proses Due
Sebuah proses hukum formal untuk IASB, Komite Interpretasi IFRS dan XBRL memastikan jangkauan luas, yang mencakup konsultasi publik wajib. Surat komentar yang diterima dalam menanggapi proposal formal diumumkan di website.
·                Pertemuan-pertemuan Publik
Semua pertemuan (selain pertemuan mengenai hal-hal administratif) dari tubuh orang IFRS Foundation, termasuk IASB, Komite Interpretasi dan badan penasehat formal, yang diadakan di depan umum dan webcast. Catatan rapat tersedia untuk umum sebagai catatan pengamat.


Sumber :
  • http://www.ifac.org/
  • http://www.ifrs.org/


3 (TIGA) BURSA EFEK di DUNIA dan PERBANDINGANNYA

MACEDONIAN STOCK EXCHANGE
Pencatatan Persyaratan
Daftar persyaratan untuk masuk di pasar Resmi MSE berlaku untuk pendaftar baru dan untuk emiten sudah terdaftar. MSE dapat mengenakan persyaratan tambahan dalam kasus tertentu. MSE mempertahankan kebijakan mutlak untuk menerima atau menolak aplikasi untuk listing di pertama atau kedua pasar.
Kondisi umum yang berkaitan dengan emiten
·      Penerbit harus menjadi perusahaan, negara, lembaga negara atau kotamadya. Jika emiten adalah perusahaan, itu harus terdaftar di Republik Makedonia dan harus sesuai dengan hukum Macedonia.
·         Kedua penerbit dan bisnisnya harus, menurut pendapat MSE, cocok untuk listing. Bursa Efek harus memiliki informasi bahwa ada minat yang cukup untuk efek yang tercatat.
·                Sebuah pemohon baru harus memiliki pengalaman bisnis yang memadai dan reputasi.
·            Penerbit wajib menyusun laporan keuangan tahunan yang telah diaudit untuk periode yang dikutip dalam kondisi khusus untuk pencatatan saham.
Kondisi umum yang berkaitan dengan efek
·          The efek yang listing di MSE dicari, sesuai dengan tindakan mengeluarkan, harus dibayar penuh dan dapat ditransfer secara bebas.
·           Dimana aplikasi untuk listing di pasar resmi dibuat sehubungan dengan kelas keamanan, aplikasi tersebut harus berhubungan dengan semua efek dari kelas itu.
·       Untuk setiap masalah baru efek dari jenis yang sama, seperti yang yang sudah terdaftar, penerbit menginformasikan MSE untuk keberhasilan isu baru.
·               Obligasi konversi ke jenis lain efek dapat diterima untuk daftar Bursa Efek.
Kondisi khusus untuk pencatatan saham
Untuk daftar super , penerbit harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
·                Laporan keuangan                  laporan keuangan yang diaudit selama tiga tahun terakhir
·                Hasil keuangan                       keuntungan dalam 3 tahun terakhir
·                Kapitalisasi modal / Pasar      setidaknya EURO 10.000.000
·                Rasio free float                       minimal 20%
·                Jumlah pemegang saham        setidaknya 200
·                Situs web                                Macedonia dan Bahasa Inggris
Rasio free float dari 20% dari kelas saham publik harus berada di tangan minimal 200 pemegang saham. Untuk tujuan perhitungan persentase dari paragraf sebelumnya, publik tidak termasuk:
·               anggota dewan manajemen emiten, jika mereka memiliki lebih dari 5% saham kelas itu;
·               pemegang saham substansial (individu atau institusi) yang memiliki lebih dari 10% atau lebih saham dari kelas itu dan
·         surat berharga yang dimiliki oleh Pemerintah Republik Makedonia dan lembaga negara lainnya, jika mereka memiliki lebih dari 10% saham dari kelas itu.
Untuk Bursa Efek listing, penerbit harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
·                Laporan keuangan                  laporan keuangan yang diaudit selama dua tahun terakhir
·                Modal                                     setidaknya EURO 500.000
·                Rasio free float                       setidaknya 15%
·                Jumlah pemegang saham        minimal 100
Sebuah penerbit, yang tidak telah mengaudit laporan keuangan selama dua tahun terakhir dapat diterima di daftar Exchange, jika pada tahun lalu telah mengeluarkan efek melalui penawaran umum.
Rasio free float dari 15% dari kelas saham publik harus di tangan minimal 100 pemegang saham. Untuk tujuan perhitungan persentase dari paragraf sebelumnya, publik tidak termasuk:
·                anggota dewan manajemen emiten, jika mereka memiliki lebih dari 5% saham kelas itu;
·                pemegang saham substansial (individu atau institusi) yang memiliki lebih dari 10% dari kelas itu dan
·         surat berharga yang dimiliki oleh Pemerintah Republik Makedonia dan lembaga negara lainnya, jika mereka memiliki lebih dari 10% saham dari kelas itu.
Untuk listing obligasi, emiten harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
·                Laporan keuangan                  laporan keuangan yang diaudit selama tiga tahun terakhir
·                Nilai nominal total masalah    setidaknya EURO 500.000
·                % obligasi di masyarakat        setidaknya 25%
·                Jumlah pemegang obligasi      setidaknya 50
Obligasi yang diterbitkan oleh Republik Makedonia, lembaga negara atau Bank Nasional Republik Makedonia dan obligasi dijamin oleh Republik Makedonia harus terdaftar di pasar resmi.
Pencatatan Prosedur
Untuk tujuan daftar efek, emiten, melalui sponsornya, tunduk kepada MSE aplikasi daftar, yang berisi semua dokumentasi bersamaan. Jika aplikasi listing mengacu pada saham, dibutuhkan disebutkan apakah aplikasi mengacu pada pencatatan saham tentang Super listing atau listing Exchange. Dokumen-dokumen berikut harus diserahkan ke MSE dengan daftar sponsor untuk aplikasi untuk masuk ke daftar:
·                aplikasi untuk daftar ditandatangani oleh petugas yang berwenang dari penerbit,
·                keputusan oleh tubuh emiten sesuai yang menyetujui daftar aplikasi,
·          keputusan oleh tubuh emiten yang tepat untuk penerimaan Aturan Pencatatan dan semua modifikasi lebih jauh,   
·             deklarasi oleh petugas yang berwenang emiten untuk akurasi data dalam dokumen yang disampaikan,   
·              tiga salinan dari Prospektus untuk listing yang sesuai dengan persyaratan isi diatur dalam Bab V Listing Rules,
·                teks konsolidasi emiten Statuta
·                bukti untuk biaya daftar dibayar (satu kali dan tahunan)
·                salinan nya pendaftaran pengadilan
·             melakukan audit atas laporan keuangan tahunan untuk tahun-tahun sebelumnya, yang nomor yang sudah ditetapkan dalam anggaran Bab II Listing  Rules,
·                salinan semua keputusan, yang menyetujui perubahan pemegang saham modal emiten dalam tiga tahun sebelumnya.   
Ketika emiten mengajukan permohonan pencatatan, itu harus menyediakan Prospektus. Prospektus harus berisi semua informasi yang akan memungkinkan para investor untuk melakukan penilaian aset dan kewajiban, posisi keuangan, laba rugi dan prospek pengembangan, serta hak-hak yang melekat pada sekuritas.Informasi Wajib dalam Prospektus adalah:
·               Data penerbit dan kapita
·               Kegiatan penerbit
·           Laporan keuangan dan data lainnya selama tiga tahun terakhir bagi perusahaan dan informasi tentang perusahaan di mana penerbit memegang partisipasi mayoritas, dan yang dapat mempengaruhi penilaian aset emiten dan kewajiban, status keuangan atau keuntungan dan kerugian
·                Data yang diperlukan untuk masuk saham yang listing
·                Data emiten manajemen babi
·                Perspektif Pembangunan
·                Laporan keuangan
Sebuah aplikasi daftar akan dinilai oleh Dewan Direksi dan MSE keputusan listing disampaikan kepada penerbit secara tertulis dalam waktu 30 hari dari hari aplikasi diterima. Jika perlu, Direksi dapat kembali aplikasi untuk mendapatkan informasi yang hilang dan periode di mana aplikasi yang akan dinilai harus diperpanjang periode waktu di mana informasi yang hilang harus disediakan. Jika Dewan MSE Direksi memberikan otorisasi untuk listing di pasar resmi Bursa saham tanda-tanda perwakilan emiten kontrak Listing dengan MSE. Kontrak listing mengandung unsur-unsur sebagai berikut: subjek kontrak, tanggung jawab untuk keterbukaan informasi, pengungkapan yang berhubungan dengan bisnis, kewajiban yang berkaitan dengan modal, perubahan signifikan dalam posisi keuangan, laporan tahunan, pengungkapan partisipasi besar, listing fee dan menjaga status perusahaan yang terdaftar. Sebuah penerbit, yang sahamnya sudah terdaftar di pasar resmi Bursa Efek, dapat meminta pengalihan saham dari satu ke daftar sub-segmen lainnya, hanya jika memenuhi kriteria daftar untuk sub-segmen yang sesuai. MSE dapat memutuskan untuk mentransfer saham yang tercatat dari emiten tertentu dari Super listing untuk daftar Exchange jika sama tidak lagi memenuhi kriteria dari Bab II dari Listing Rules, atau kewajiban terus Bab VI Peraturan Pencatatan.
Laporan Keuangan
Laporan keuangan termasuk laporan lengkap auditor tahunan konsolidasi untuk dua / tiga tahun terakhir, disiapkan sesuai dengan International standar auditing yang diterbitkan dalam lembaran resmi Makedonia dan meliputi: Auditor laporan, lembar Diaudit Balance, Diaudit laba rugi akun, Diaudit laporan arus kas dan Laporan perubahan modal, dan diaudit catatan atas laporan keuangan.
Data keuangan
1. Informasi tentang data keuangan berikut untuk tiga tahun terakhir:
·                total aset,
·                jumlah kewajiban,
·                laba sebelum pajak / rugi,
·                laba bersih per saham,
·                rasio harga / laba,
·                rasio harga / buku,
·                jumlah dividen yang dibayarkan per saham,
·                dividend yield.
2. Informasi tentang perusahaan di mana penerbit memegang mayoritas partisipasi, dan yang dapat mempengaruhi penilaian aset emiten dan kewajiban, status keuangan atau keuntungan dan kerugian:
·                judul dan alamat perusahaan,
·                aktivitas,
·                partisipasi modal yang dimiliki oleh emiten,
·                jumlah modal yang luar biasa,
·                cadangan,
·                laba atau rugi dari aktivitas utama, setelah pajak, untuk tahun lalu,
·                jumlah dividen yang dibayarkan untuk tahun lalu,
·                jumlah klaim dan kewajiban dari penerbit, berkaitan dengan perusahaan anak perusahaan.
3. Jika penerbit memegang partisipasi mayoritas di perusahaan lain, Komisi wajib menyiapkan laporan keuangan tahunan konsolidasi.
4. Laporan keuangan tahunan konsolidasi juga harus berisi perusahaan di mana penerbit berpartisipasi atau memegang partisipasi mayoritas, jika pengurus perusahaan memutuskan bahwa hal itu akan membantu untuk memberikan keseluruhan gambar aset dan pendapatan emiten.  
5. Jika penerbit hanya mencakup laporan keuangan tahunan konsolidasi Prospektus, harus menentukan jumlah laporan laba rugi konsolidasi per berbagi, setelah pajak, selama tiga tahun terakhir.

NAMIBIAN STOCK EXCHANGE
Pembiayaan
·                Modal segar dan meningkatkan basis ekuitas untuk pertumbuhan organik atau untuk mendanai akuisisi
·                Penurunan ketergantungan pada kreditur
·             Peningkatan ketersediaan dana di masa depan melalui tindak-on persembahan serta akses berpotensi mudah untuk bentuk lain dari pembiayaan, seperti pinjaman bank, karena perusahaan telah menunjukkan bahwa ia mampu memenuhi persyaratan pencatatan, dan tindakan yang tunduk pada peraturan NSX dan pengawasan publik
·                Menurunkan biaya utang karena peringkat kredit yang lebih tinggi
·        Saham perusahaan dapat digunakan untuk membiayai akuisisi, sebagai penjual lebih mungkin untuk menerima saham yang tercatat berharga dalam pertukaran untuk investasi mereka
·         Daftar A memberikan dasar untuk penilaian saham perusahaan, yang penting untuk akuisisi, dengan penerbitan saham
Pemegang Saham Original
·             Semua pemegang saham akan mendapatkan keuntungan dari pembentukan pasar untuk saham mereka, yang menyebabkan permintaan berpotensi lebih tinggi dan harga yang lebih tinggi daripada yang telah terjadi di pasar terbatas
·          Daftar A memungkinkan pemegang saham asli untuk mewujudkan sebagian atau seluruh kepemilikan mereka
·            Pemegang saham asli dapat mengambil manfaat dari peningkatan likuiditas investasi mereka dibawa oleh sebuah daftar
·            Parastatals atau perusahaan yang dikendalikan pemerintah bisa memanfaatkan bursa untuk memperluas basis pemegang saham mereka
Karyawan
·                Pelaksanaan skema insentif saham dapat mengakibatkan peningkatan yang signifikan dari motivasi staf dan manajemen. Daftar A akan membuat skema tersebut lebih menarik bagi karyawan, dan memfasilitasi operasi
·                Perhatian publik terfokus pada perusahaan oleh media dapat meningkatkan moral karyawan, karena mereka berbagi dalam status ditingkatkan perusahaan
Umum
·                Dikaitkan dengan sebagian besar perusahaan unggulan melakukan bisnis di Namibia
·                Ditingkatkan statusnya yang dibawa oleh sebuah daftar positif dapat mempengaruhi hubungan dengan bank, pemasok, pelanggan dan Pemerintah
·                Buletin bursa saham dan laporan dalam pers keuangan mengakibatkan publisitas yang lebih besar bagi perusahaan dan produknya
·                Pasar modal Namibia terus melakukan dengan baik karena pemerintahan yang kuat dan konsisten politik, manajemen ekonomi nasional yang sehat, dan stabilitas sosial
·                Akses ke diversifikasi, dalam basis investor yang terdiri dari kedua investor lokal dan internasional
·                Memaksa perusahaan untuk meningkatkan pelaporan, yang berarti informasi yang lebih baik tersedia untuk pengambilan keputusan, baik internal maupun eksternal
·                Tidak ada pajak capital gain, pajak surat berharga atau materai pada penawaran dilaksanakan pada NSX bagi investor asing. Satu-satunya pajak khusus Dilarang Resident Pajak Pemegang Saham 10% dari dividen. Tidak ada batasan umum mengenai investasi asing
Persyaratan Dasar
·                Ekuitas saham sebesar N $ 1 juta.
·                Minimal 1.000.000 saham terbit.
·                Rekor perdagangan yang menguntungkan selama tiga tahun.
·                Laba diaudit saat ini setidaknya N $ 500.000 per tahun sebelum pajak dan bunga.
·                Minimal 20% dari saham yang akan dimiliki oleh publik.
·                Minimal 150 pemegang saham.
·                Laporan Auditor selama tiga tahun sebelumnya
·                Sebuah catatan diterima praktek bisnis dan integritas manajemen
Bursa Efek Namibia telah membentuk Badan Pengembangan Modal untuk daftar perusahaan yang tidak mematuhi beberapa atau semua kriteria di atas. Tujuan dari sektor ini secara khusus untuk memfasilitasi daftar usaha baru / bisnis yang tidak memiliki track record yang memadai. (Perusahaan tersebut harus sepenuhnya diteliti proyek dan setidaknya 10% dari modal dibangkitkan harus disediakan oleh manajemen)
Prosedur Pencatatan
·             Semua aplikasi akan selalu harus dibawa melalui broker mensponsori Namibia. (Untuk daftar pialang saham lokal, lihat rincian kontak di bawah)
·         Dokumentasi dikirim ke NSX, dengan salinan aplikasi dan rincian lainnya sebagaimana diatur dalam NSX check-list (tersedia atas permintaan). NSX akan dokumentasi dokter hewan dan hanya jika dokumentasi yang lengkap dan memuaskan dapat diteruskan ke Komite Pencatatan. Tujuh hari harus diizinkan untuk ini
·    Setelah dokumentasi selesai, Komite Eksekutif aplikasi dan Ketua Komite Pencatatan akan diinformasikan untuk mengadakan pertemuan
·             Dalam kasus dual-listing dari perusahaan yang telah tercatat di bursa lain, setidaknya lebih 21 hari harusdiizinkan untuk Komite Pencatatan untuk bertemu dan memberikan persetujuan jika tidak ada masalah serius muncul. Untuk daftar baru, 63 hari harus diizinkan untuk Komite untuk mempertimbangkan dokumentasi dan memberikan persetujuan jika ada masalah besar muncul. (Lihat di bawah untuk prosedur lagi dalam kasus a / menempatkan swasta umum saham sebelum penawaran)
·            Setelah Komite Pencatatan telah menyetujui aplikasi, maka Komite Eksekutif juga harus memberikan persetujuan. Satu hari lain harus dibiarkan
·            Hanya ketika Komite Eksekutif telah menyetujui, mungkin perusahaan mengumumkan fakta bahwa ia akan daftar di NSX, mengirimkan undangan, dll Dalam situasi harus publisitas keluar sebelum persetujuan akhir diterima dari Komite Eksekutif meskipun perusahaan mungkin mengkonfirmasi bahwa mereka telah diterapkan sekali aplikasi lengkap telah diterima. Setidaknya tujuh hari biasanya diperlukan bagi perusahaan untuk membuat persiapan untuk upacara listing

BAHRAIN BOURSE
Perusahaan Dalam Negeri
Perusahaan yang tertarik dalam daftar saham mereka di Bursa diwajibkan untuk memenuhi kondisi berikut, tunduk pada Pasal (39) dari Exchange Peraturan internal:
·                Perusahaan harus mematuhi Perusahaan Komersial UU No 21 Tahun 2001.
·                Perusahaan seharusnya ada selama setidaknya dua tahun, dan dapat menyediakan diterbitkan, laporan keuangan yang telah diaudit untuk dua tahun berturut-turut sebelum tanggal pengajuan aplikasi.
·                Modal disetor perusahaan tidak boleh kurang dari BD 500.000, atau setara dalam mata uang lainnya, dan saham yang diterbitkan tidak boleh kurang dari 500.000 saham. Setidaknya 50% dari nilai saham yang dikeluarkan harus disetor.
·                Harga saham di pasar tidak boleh kurang dari persentase disetor dari nilai nominal setiap saham.
·                Ukuran perdagangan saham perusahaan tidak kurang dari batas minimum yang ditentukan oleh Bursa.
·                Jumlah pemegang saham yang tercatat di perusahaan tidak boleh kurang dari 100.
·                Hak dan kewajiban dari masing-masing kelas dalam setiap masalah yang tercantum harus sama.
·                Nilai bersih (aset) perusahaan melebihi modal disetor oleh setidaknya 20%.
·                Total penjualan tahunan (omset) tidak boleh kurang dari 500.000 BD.
·          Perusahaan harus menyadari keuntungan dalam dua tahun berturut-turut sebelum tanggal pengajuan aplikasi.
·                Perusahaan ini terdaftar diwajibkan untuk mempublikasikan laporan keuangan tengah tahunan.
·           Penerbit harus menerbitkan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit dalam waktu tiga bulan dari penutupan tahun anggaran.
·                Rapat Umum Tahunan biasa (AGM) harus diadakan setidaknya sekali setahun dalam waktu tiga bulan dari penutupan tahun anggaran.
·                Perusahaan harus memiliki transfer dan kantor pendaftaran di Bahrain.
·                Perusahaan yang terdaftar harus sesuai dengan Perjanjian Listing.
·         Perusahaan yang terdaftar harus menjaga kesehatan keuangan dalam hal aset, likuiditas, dan kinerja keuangan terstruktur dan efisien seimbang.
·                Penerbit harus mempublikasikan laporan keuangannya dalam setidaknya satu surat kabar harian lokal, sebelum sahamnya yang disetujui untuk diperdagangkan di Bursa.
·                Setiap kondisi lain yang ditetapkan oleh dewan dari waktu ke waktu.
Perusahaan Asing
Perusahaan yang tertarik dalam daftar saham mereka di Bursa Efek Bahrain diwajibkan untuk memenuhi kondisi berikut, tunduk pada Resolusi No 6/1996:
·          Perusahaan pemohon harus baik menjadi perusahaan saham publik, sepatutnya terdaftar di bursa saham di negara tempat organisasi, atau perusahaan tertutup yang telah dibentuk selama setidaknya tiga tahun sebelum tanggal permohonan.
·           Modal disetor perusahaan tidak boleh kurang dari USD $ 10.000.000.
·          Perusahaan harus mempertahankan laba bersih dari principalactivities untuk 3 tahun terakhir melanjutkan permohonan pencatatan.
·         Tidak ada pembatasan transfer kepemilikan saham perusahaan antara investor dikenakan oleh Anggaran Dasar perusahaan Asosiasi, atau hukum bythe negara pendiriannya.
·           Posisi keuangan perusahaan harus sehat.
·           Jumlah pemegang saham di perusahaan tidak boleh kurang dari 100.
·      Perusahaan harus mengeluarkan dan menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit tahunan dan diaudit (terakhir) laporan keuangan tengah tahunan.
·      Perusahaan harus menetapkan kantor perwakilan di Bahrain toundertake transfer kepemilikan saham, pembagian dividen, laporan keuangan dan isu-isu terkait lainnya, sebagaimana dan ketika diperlukan.
·           Perusahaan harus mematuhi Perjanjian Listing ditandatangani dengan Exchange.
Perusahaan harus mengajukan permohonan listing dengan dokumen-dokumen berikut:
·            Informasi daftar yang diperlukan ditandatangani, tanggal dan dicap.
·            Melakukan audit atas laporan keuangan untuk tiga tahun terakhir (neraca, laba dan rekening rugi).
·           Copy of Memorandum perusahaan dan Anggaran Dasar dan perubahannya.
·            Sebuah spesimen sertifikat dan dokumen pengalihan saham, jika berlaku.
·     Nama dan tanda tangan spesimen dari orang yang berwenang untuk bertindak onbehalf dari kami diternational perusahaan.
·     Sebuah sertifikat mengkonfirmasikan listing perusahaan di bursa exchangeof negara pendirian, dan persetujuan tertulis Exchange untuk pencatatan saham perusahaan di Bursa Efek Bahrain.
·                Komersial Tanda Daftar Perusahaan.
·                Salinan keputusan rapat Direksi ', otorisasi listing perusahaan di Bursa.
Bank-bank asing dan perusahaan investasi asing yang ingin mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Bahrain harus mematuhi persyaratan tambahan sebagai berikut:
·                Mendapatkan otorisasi dari Badan Moneter Bahrain (BMA) untuk daftar saham perusahaan di Bursa.
·                Menyerahkan salinan persetujuan BMA ke Bursa dengan permohonan pencatatan dan dokumen yang menyertainya.
Setelah persetujuan aplikasi, perusahaan harus melakukan beberapa hal berikut:
·                Lengkapi semua prosedur administratif dan daftar akhir BSE itu.
·                Menandatangani perjanjian listing dengan Exchange.
·                Membayar listing dan biaya berlangganan tahunan.
Reksa Dana
Bursa mengadopsi persyaratan pencatatan sederhana, yang paling penting adalah:
1.             Pre-listing Kebutuhan
·                Sebuah aplikasi daftar resmi dari manajer IMF.
·                Salinan Bank Sentral persetujuan Bahrain.
·                Salinan Memorandum emiten dan Anggaran Dasar.
·                Salinan prospektus Dana.
2.             Post-listing Kebutuhan
·                Pembayaran biaya listing tercantum di bawah.
·                IMF harus mematuhi ketentuan perjanjian listing signedwith Bursa.
·                IMF harus memberitahukan Exchange dengan nilai aktiva bersih periodik per unit (NAV) dan laporan kinerja lainnya.
Obligasi
·                Obligasi Daerah diterbitkan sesuai dengan ketentuan maka Komersial Perusahaan Undang-Undang (Nomor 28/1975).
·                Obligasi asing harus telah dikeluarkan sesuai dengan hukum yang relevan dari negara asal mereka.
·                Penerbit Obligasi asing harus mendapatkan persetujuan Bank Sentral Bahrain sebelum daftar Obligasi di Bursa.
·                Obligasi penerbit harus telah dimasukkan untuk setidaknya dua tahun sebelum masalah ini.
·                Posisi keuangan emiten Obligasi harus suara.
·                Obligasi penerbit harus memiliki modal disetor tidak kurang dari USD $ 10.000.000.
·                Obligasi penerbit harus mematuhi perjanjian listing ditandatangani dengan Exchange.
·                Obligasi penerbit harus menunjuk kantor perwakilan di Bahrain, untuk mendaftarkan Obligasi, membagikan dividen, menyiapkan laporan dan melakukan hal-hal lain yang relevan.
·                Obligasi penerbit harus menerbitkan neraca dan hasil usaha di media lokal.
Daftar dan Biaya Berlangganan Tahunan
Ekuitas Lokal
a.       Daftar *:
·                     0,1% dari modal perusahaan disetor, dengan jumlah maksimum sebesar BD15, 000 dan jumlah minimum BD5, 000.
b.      Berlangganan tahunan **:
·                     0,13% dari pertama BD10 juta dari modal disetor perusahaan, dengan minimal BD5, 000 / -.
·                     0,07% dari jumlah melebihi BD10 juta, hingga BD50 juta.
·                     0,035% dari jumlah melebihi BD50 juta, dengan jumlah maksimum sebesar BD80, 000 / -.
c. Clearing & Settlement:
·                     0,0125% dari pertama BD15 juta dari modal perusahaan disetor dengan minimal BD1, 000.
·                     0,00625% dari jumlah melebihi BD15 juta dari modal perusahaan disetor, dengan biaya gross maksimum BD4, 000.
Ekuitas Non-Bahrain
a.       Daftar *:
·                     0,1% dari modal perusahaan disetor, dengan jumlah maksimum sebesar BD5, 000 dan jumlah minimum BD2, 000.
b. Berlangganan tahunan **:
·                     0,15% dari Bahrain saham perusahaan dengan biaya gross maksimum BD12, 000 dan minimal BD2, 000.
Local Closed Companies
a.     Daftar *: BD1, 000.
b. Berlangganan tahunan **:
·                     0,025% dari modal perusahaan disetor, dengan jumlah maksimum sebesar BD6, 000 minimal BD1, 000.
Reksa Dana
a.       Daftar *: BD300
b.      Berlangganan tahunan **: BD250
Saham Pilihan
a. Daftar
·                     0,5% dari nilai nominal saham yang beredar dengan jumlah maksimum sebesar BD5, 000 dan jumlah minimum BD2, 000.
b.      Berlangganan tahunan: BD2, 000 per tahun
Obligasi & Sukuk
a. Pemerintah:
·                     Listing *: BD 1.500
·                     Berlangganan tahunan **: BD 2.000
b. Swasta & Non Bahrain:
·                     Listing *: 0,05% dari total nilai dengan minumum BD 2.000 dan maksimum BD 5.000.
·                     Berlangganan tahunan **: BD 2.000.
Waran Mata Uang
a.       Listing *: BD 250
b.      Berlangganan tahunan: Nil
Transfer Agen
a.       Daftar *: BD500
b.      Berlangganan tahunan **: BD 1.000
Broker Individu
a.       Listing *: BD 500
b.      Berlangganan tahunan: BD250

Perusahaan pialang
a.       Listing *: BD 1.000
b.      Berlangganan tahunan: BD500
Perwalian
a.       Daftar *: BD1, 000
b.      Berlangganan tahunan: BD 500

* Sebuah pembayaran satu kali.
** Berlaku untuk perusahaan saja, dimana bagian yang tersisa dari tahun buku pendaftaran perusahaan akan dipertimbangkan dan dikenakan secara bulanan.

Perbandingannya :
a.              Macedonia, untuk daftar super, maka jumlah pemegang saham minimal 200 dengan kapitalisasi modal sedikitnya EURO 10.000.000, saham publik minimal 100 pemegang saham dengan kapitalisasi modal sedikitnya EURO 500.000 dan untuk listing obligasi minimal 50 pemegang saham dengan kapitalisasi modal sedikitnya EURO 500.000.
Namibian, jumlah pemegang saham minimal 150 dengan Ekuitas saham sebesar N $ 1 juta.
Bahrain, Modal perusahaan dalam negeri minimal BD 500.000, minimal pemegang saham 100 sedangkan Modal perusahaan luar negeri (Asing) minimal USD $ 10.000.000 dengan jumlah pemegang saham minimal 100.

b.             Macedonia, untuk perhitungan dan prosedur produk sudah lengkap hanya saja tidak terlalu banyak produk yang akan dijual, untuk Namibian memiliki perhitungan dan prosedur yang sangat sederhana jadi sulit berkembang untuk produk lain diluar efek dan obligasi sedangkan untuk Bahrain sudah lebih kompleks perhitungan dan prosedur serta variasi produk yang lebih banyak dari Ekuitas lokal, Ekuitas Non-Bahrain, Reksa Dana, Saham Pilihan, Obligasi & Sukuk, Waran Mata Uang, Perusahaan Pialang, Perwalian, Broker Individu,Transfer Agen dan Local Closed Companies.

Sumber :
http://www.mse.mk/en/content/24/1/2008/procedure-for-listing
http://www.mse.mk/en/content/24/1/2008/requirements-for-listing
http://nsx.com.na/?page_id=21
http://www.bahrainbourse.com.bh/bhb/regulations.asp?page=regulations&sec=Demestic_Comp