ROI GONZALES SILALAHI: Penerapan Etika dan Etiket

Logo Gunadarma

Logo Gunadarma

Thursday 20 October 2011

Penerapan Etika dan Etiket

Penerapan etiket di masyarakat seperti :
  1. Memberikan tempat duduk bagi orang yang di prioritaskan untuk duduk di tiap-tiap alat transportasi seperti Kereta Api, Bis dan lain-lain.
  2. Mengantri dengan tertib dan tenang ketika membeli karcis atau tiket agar teripta kenyamanan bersama.
  3. Tidak merokok di daerah lingkungan yang banyak kegiatan anak-anak.
  4. Mengucapkan salam kepada orang yang dikenal ketika bertemu di jalan, pasar atau dimana saja.
  5.  Mengecilkan suara TV, Radio, Motor dan lain-lainnya yang mengeluarkan bunyi-bunyian keras ketika di dekat rumah sedang ada tetangga yang berkumpul bersama untuk beribadah.
Pelanggaran Etika di masyarakat dan sanksinya seperti :
  1. Mencuri barang dagangan di pasar dapat dikenakan sanksi hukuman bekerja di pasar atau teguran keras, dengan tidak melakukan tindakan kekerasan kepada pencuri.
  2. Melakukan tindakan pelecehan seksual kepada wanita, contohnya di kereta listrik maka, sanksi dapat berupa masuk lembaga pemasyarakatan dan denda berupa uang.
  3. Menjual minuman keras yang dilarang pemerintah karena dapat menimbulkan penyakit dan bahkan kematian maka, sanksi dapat berupa masuk lembaga pemasyarakatan dan denda berupa uang.

Pengertian Hedonisme yaitu kata "hedone" (Yunani) yang berarti kesenangan jadi, Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.

Kelebihan paham ini : seseorang dapat bekerja keras untuk mendapatkan kebahagiaan mereka sendiri tanpa memperhatikan orang lain.

Kekurangan paham ini : seseorang dengan masa sekarang mencari kenikmatan sendiri karena merasakan hidup ini tidak boleh di sia-siakan karena waktu tidak akan  terulang lagi, paling banyak tentu saja di daerah paling ramai atau di ibukota karena segala keglamoran dan kemewahan ada di ibukota suatu negara manapun di dunia. Para karyawan dan bos pergi ke klub malam dan minum-minuman keras serta banyak juga yang mengkonsumsi obat-obat terlarang. Para remaja dan mahasiswa banyak melakukan seks bebas sehingga merusak masa depannya sendiri. Paham ini memiliki banyak kekurangan di masa sekarang dan mungkin saja di masa-masa mendatang.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Hedonisme

No comments:

Post a Comment