ROI GONZALES SILALAHI: Etika Profesi dan Kebutuhan Dasar Profesi

Logo Gunadarma

Logo Gunadarma

Thursday 5 January 2012

Etika Profesi dan Kebutuhan Dasar Profesi

Mengapa suatu profesi perlu etika?

Karena suatu profesi memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus didahulukan daripada hak dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Memiliki etika berarti suatu profesi memiliki arahan umum yang sudah dibuat dan tidak dapat mengambil keputusan sepihak atau sendiri demi keuntungan pribadi yang dapat menimbulkan konflik seperti : melakukan pemerasan, suap dan lain sebagainya. Oleh karena itu, etika diperlukan dalam mengarahkan dan membina suatu ahli profesi agar tidak merugikan orang lain dan negara tetapi mampu menjalankan tanggung jawabnya dan tugasnya dengan benar.

Jelaskan 4 kebutuhan dasar yang harus dipenuhi suatu profesi, berilah contohnya masing-masing?


  • Kredibilitas ; sebagai Auditor, harus jujur dalam memberikan hasil audit kepada penerima informasi internal dan eksternal.
  • Professionalisme ; sebagai Auditor, tidak memeriksa suatu laporan keuangan perusahaan dimana pemimpin perusahaannya adalah saudara kandung sehingga tidak menimbulkan kecurigaan kepada pihak lain, jika memang sudah ditugaskan atau ditunjuk maka, sebagai Auditor tidak boleh melakukan manipulasi data dan tindakan lainnya yang melanggar etika profesi khususnya Akuntansi.
  • Kualitas jasa ; sebagai Auditor, kualitas diperkuat melalui pengalaman dan pendidikan formal yang tinggi, sebagai Auditor yang berkualitas harus mampu memberi saran kepada pihak yang diperiksa atau perusahaan, dalam mengambil kebijakan agar perusahaan tidak merugi dan mampu menyusun laporan keuangan dengan akurat.
  • Kepercayaan ; sebagai Auditor atau profesi apapun, harus mampu membangun kepercayaan dari perusahaan / publik. Hal ini bisa dilakukan seperti jika publik ingin mengetahui tentang Kantor Akuntan Publik maka, KAP tersebut bisa memberikan data-data yang diminta / transparan kepada publik.

No comments:

Post a Comment