ROI GONZALES SILALAHI: Etika Bisnis Perdagangan Bebas

Logo Gunadarma

Logo Gunadarma

Tuesday 15 November 2011

Etika Bisnis Perdagangan Bebas

Contoh Penerapan Etika dalam dunia bisnis di era perdagangan bebas saat ini;
1. Tidak menggunakan bahan dasar yang dapat mengganggu kesehatan seseorang dalam          pembuatan suatu produk.
2. Tidak menjual suatu produk kepada negara lain barang-barang yang dianggap legal di negara tempat memproduksi barang tersebut ke negara yang menganggap haram barang tersebut. contoh: rokok mariyuana (bahannya ganja)
3. Memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat dimana tempat barang tersebut dibuat(pabriknya) sehingga tercipta kerjasama menciptakan kesejahteraan antar negara.
4. Tidak menutup akses barang dari negara lain agar kesulitan di pasarkan di negaranya sedangkan, negaranya mendapat akses untuk menjual secara bebas tanpa syarat yang ketat.
5. Bersaing secara sehat karena era perdagangan bebas dapat memicu konflik apabila terdapat atau dirasakan ketidakadilan.
6. Bertanggung jawab apabila suatu saat barang yang di pasarkan tersebut menimbulkan penyakit/keracunan dan bahkan kematian seseorang.

Kalimat “Kompetisi adalah konsep, mereka yang berhasil adalah yang mahir menghancurkan musuh-musuhnya” sangat relevan dengan keadaan secara nyata saat ini. Hal positif yang dapat saya simpulkan untuk mengartikan kalimat tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan dari tingkat bawah, menengah dan atas. Setiap usaha memiliki tantangan yang berbeda-beda pada tiap perusahaan dan dengan menerima tantangan tersebut  artinya kita berani dan mampu bertahan walau siapapun lawan bisnisnya. Jika saya mencoba mengartikan sebaliknya maka, akan banyak hal yang perlu dibahas dan dicari penyelesaiannya. Selama tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum di suatu negara, banyak hal legal yang bisa dilakukan para ahli bisnis untuk menerapkan strategi mereka menghadapi persaingan secara global.

Beberapa contoh Penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada BUMN seperti :
1. Prinsip Kemandirian contohnya ; 
            A.   PT Perkebunan Nusantara XIII,
            B.    PT Adhi Karya.
2. Prinsip Pertanggungjawaban contohnya;
           A. PT Jasa Marga,
           B. PT Petrokimia Gresik.

No comments:

Post a Comment