ROI GONZALES SILALAHI: Naskah Drama "Arti Natal"

Logo Gunadarma

Logo Gunadarma

Wednesday 9 November 2011

Naskah Drama "Arti Natal"

Nama             : Roi Gonzales Silalahi
NPM               : 2A211192
Mata Kuliah  : Bahasa Indonesia 2 #


ARTI NATAL
Narasi    : Dulu keluarga Ayu sangat bahagia dan rukun, mereka selalu merayakan Natal bersama – sama dengan saudara sepupunya, paman dan bibinya serta kakek dan neneknya. Mereka adalah salah satu keluarga idaman di daerah lingkungan mereka. Mereka rajin ke Gereja setiap hari minggu dan setelahnya menghabiskan waktu untuk seharian bersama. Namun, semuanya itu berubah, ketika Bapak Ayu naik jabatannya dari Supervisor ke Manajer di salah satu perusahaan swasta terkemuka dan Ibunya sering menghabiskan waktu untuk arisan bersama teman – temannya. Bulan Desember 2011 hari ini....
(Teman-teman sedang berkumpul dan bercerita untuk rencana natal keluarga. Mereka saling menanyakan akan pergi kemana natal nanti, Ayu menghampiri teman2nya)
Ayu         :  hai semua, apa kabarnya?
Adelina : baik..eh kami sedang membicarakan natal nanti dan kami akan merayakannya bersama keluarga besar atau pergi ke suatu tempat yg ingin kami kunjungi.
Berliana : Ayu sdri bagaimana? Mau pergi kemana? Cerita dong! Kami sudah banyak cerita tadi.
(Ayu merasa sedih tapi menahannya dalam hati dan Ia berkata)  
Ayu         : Papa dan Mama mungkin akan sangat sibuk dengan pekerjaanya jadi, sama seperti beberapa tahun sebelumnya, mungkin kami merayakan natal dirumah saja.
Susan     : setelah kami semua selesai liburan kita akan bermain bersama, sambil menceritakan tentang liburan kita. Kami gak lupa kok bawa hadiah buat kamu nanti. Ok
Ayu         : Terima kasih ya teman-teman Ku.. (mereka berpelukan)
(Ayu menjumpai Papanya)
Ayu         : Papa, apakah hari Natal nanti, kita bisa merayakannya bersama dgn Mama?
Papa    : (sedang online di telepon dan berkata).. Tanya Mama, apakah dia bisa mengatur jadwal untuk kita merayakan natal akhir tahun ini ?
(Ayu menjumpai Mamanya..)
Ayu         : Mama, apa hari Natal nanti kita bisa merayakannya bersama dengan Papa?
Mama   : Mama banyak acara bulan ini, tanya Papa apakah dia bisa mengatur jadwal untuk berkumpul ?
(Ayu sangat bersedih dan menangis sambil berdoa kepada Tuhan)
Ayu         : Tuhan, kembalikan Papa dan Mama yang dulu, agar kami dapat berkumpul bersama Natal nanti seperti dulu lagi ? (dengan kesedihan yg dalam sambil bernyanyi “ Bukan dengan kekuatanku ” ).  
(Selesai bernyanyi, Papa Ayu dan rekan bisnisnya bertemu sambil berbicara tentang bisnis.)
Papa       : Martin, apa ada pertemuan bisnis penting bulan nanti?
Martin     : Ada, tetapi saya tidak bisa hadir di pertemuan itu, jika anda mau datang nanti saya kirim alamatnya melalui Email.
Papa       : Kenapa? Bisa saja ada bisnis penting yg akan dibahas nanti?
Martin     : Karena Putri saya pernah mengalami stres berat, dulu ketika saya dan istri saya tidak ada waktu untuk berbicara dan menemani Putri saya kesekolah dan berlibur jadi,untuk hari Natal ini kami sudah merencanakan Natal bersama dan liburan bersama..
(mereka pergi, tapi Papa Ayu berfikir tentang hal itu, lalu Ibu Ayu pun bertemu dengan salah satu teman arisannya)
Mama      : Hei Ruth, apa ada acara besar akhir tahun ini?
Ruth        : iya, ada acara di Pulau Bali dan akomodasinya gratis. Banyak teman-teman kita nanti datang kesana, tapi saya tidak bisa datang.
Mama      : sayang sekali, apa ada masalah dengan suamimu?
Ruth      : tidak ada, saya ingin bersama dengan anak dan suami saya hari Natal nanti. Dulu banyak waktu yang terbuang tanpa bisa menemani anak saya ketika dia tertawa, menangis, bahagia dan sedih.
(mereka pergi, tapi Mama Ayu berfikir tentang hal itu, lalu Papa menemui Mama)
Papa       : Aku ada pertemuan beberapa hari nanti, tapi aku tidak akan datang kesana.
Mama      : Kenapa?
Papa       : Aku ingin bersama dengan kalian untuk merayakan hari Natal nanti. Sudah lama bagi kita tidak berkumpul bersama sejak aku naik jabatan. Aku pikir Ayu akan senang mendengarnya. Tapi, apa Mama bisa?
Mama     : Aku juga ada rencana dengan teman-teman tapi, aku juga memikirkan apa yg papa pikirkan. Baiklah mari kita menemui Ayu.
(Papa, Mama dan Ayu berkumpul )
Ayu          : Ada apa Pa, Ma ?
Papa       : Ayu, hari Natal nti apa yg paling kamu inginkan?
Ayu          : Natal? Emm..tidak ada, Ayu tau kalo papa dan mama banyak kegiatan. Aku...
Papa      : (di interupsi) Hei, papa dan mama ingin minta maaf karena selama ini, kami tidak ada waktu buat menemani kamu jadi, kami sepakat untuk Natal nanti, kita bertiga akan merayakannya dengan saudara sepupumu serta kakek dan nenek di Bandung.
Mama      : iya, kami tau kamu sangat sedih belakangan ini.  Jangan bohong! Kamu anak Mama jadi, Mama tau apa yg kamu rasakan.
Ayu         : (merasakan perasaan sedih dan  sangat senang dan berkata) “Terima kasih Pa, Ma, Ayu benar-benar senang mendengarnya. (mereka berpelukan dan Ayu berkata “Terima kasih Tuhan, Janjimu seperti fajar pagi hari”...

SELESAI

Penulis                      : Roi Gonzales Silalahi
Pemain                      : Pemuda/i dan Remaja GKAI Bahtera Bogor
Tempat dan waktu   : GKAI Bahtera Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 17 Oktober 2011

7 comments:

  1. Bolehkah naskah ini ssya gunakan di acara natal kami? Tks

    ReplyDelete
  2. Syalom pak John.. Naskah Drama ini boleh digunakan, boleh juga diperbaharui dengan makna yang tepat sesuai Firman. Saya sangat senang jika Naskah ini bisa di gunakan untuk Hormat dan Kemuliaan Tuhan Yesus Kristus. Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. maaf sebelumnya. sy isin pakai dramanya untuk Natal Pemuda. terima kasih. Tuhan Yesus memberkati :)

    ReplyDelete
  4. Maaf blhkh naskah ini dipkai untk acara natal kami???, trims.

    ReplyDelete
  5. Kak saya mau izin memakai naskahnya untuk natal kami....
    Sebelumnya terimakasih....

    ReplyDelete
  6. Syalom... Saya izin pakai naskah dramanya ya.

    ReplyDelete