ROI GONZALES SILALAHI: Pulau Komodo

Logo Gunadarma

Logo Gunadarma

Monday 7 November 2011

Pulau Komodo

Sejak Pulau Komodo diikutsertakan dalam kompetisi New7Wonders, kunjungan wisatawan ke pulau itu meningkat drastis. "Jumlah wisatawan yang mengunjungi Pulau Komodo meningkat 300 persen," kata Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dulla saat dihubungi, kemarin.

Pulau Komodo termasuk satu dari 28 finalis New7Wonders. Namun keikutsertaannya di kompetisi itu sempat menimbulkan kontroversi setelah kredibilitas organisasi New7Wonders diragukan.

Terlepas dari kontroversi itu, Bupati Agustinus mengatakan New7Wonders telah mendongkrak pamor Pulau Komodo. Pada 2009, kata dia, jumlah wisatawan mencapai 15 ribu orang. Namu, pada 2010 jumlahnya meningkat jadi 43 ribu orang.

Lalu, hingga Agustus tahun ini jumlah wisatawan yang berkunjung sudah mencapai 36 ribu orang. "Kami menargetkan (pada) 2011 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo mencapai 50 ribu orang," kata Agustinus.

Meski begitu, infrastruktur di pulau tersebut diakui memang belum memadai. Menurut Agustinus, rumah sakit bertaraf nasional belum ada. Bandar udara yang ada pun belum memadai dan pelabuhan pariwisata tak ada.

Bupati Agustinus meminta pemerintah pusat memberi perhatian terhadap pembangunan infrastruktur di daerah itu. Apalagi jika nanti Pulau Komodo memenangi kompetisi itu. "Jika Pulau Komodo menang dalam ajang itu, komodo akan dikenal di seluruh dunia," katanya.

Pengumuman pemenang sementara kompetisi itu rencananya akan dilakukan pada 11 November mendatang. Adapun pemilihan pemenang berdasarkan voting yang masuk ke panitia. Voting bisa dilakukan melalui pesan pendek seluler, Facebook, Internet, dan telepon.

Dukungan terhadap Pulau Komodo yang disiarkan di situs www.new7wonders.com meningkat dengan cepat. Hal itu ditandai dengan warna hijau. Selain Pulau Komodo, ada 10 kontestan lain yang mengalami peningkatan dukungan yang cepat, yaitu Kilimanjaro, Sundarbans (Bangladesh, India), Halong Bay (Vietnam), Matterhon/Cervino, Jeita Groto (Libanon), Mud Volcano, Cliff of Moher, Masurian Lake District, dan Pulau Bu Tinah.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menilai kompetisi New7 Wonders tak perlu diperdebatkan. Terlepas dari kontroversi, menurut dia, Pulau Komodo harus terus dikembangkan dan dipromosikan.

"Sebagai putra Indonesia, kita harusnya berbangga masih memiliki satu keajaiban," ujar dia di Jakarta kemarin.

Menurut Edhie, apa pun bentuk dan caranya sepanjang dapat mendongkrak popularitas Pulau Komodo bisa dilakukan. "Justru dengan mempromosikannya akan memperlihatkan kepada dunia bahwa Komodo sebagai kebanggaan dan patut dilestarikan," katanya.

Pulau Komodo adalah sebuah kawasan taman nasional tempat konservasi komodo yang hampir punah. Menurut data hingga September lalu, terdapat 2.793 komodo di pulau itu. Angka tersebut menurun dari 3.000 ekor pada tahun lalu.

New7Wonders masih membuka voting untuk memilih 7 keajaiban dunia baru hingga 11 November 2011. New7Wonders mengeluarkan 10 besar voting sementara, dan Pulau Komodo termasuk di dalamnya.

"Dalam kampanye pertama kami tentang keajaiban dunia pilihan manusia, berbagai perubahan bisa terjadi dalam pekan-pekan final dan begitu juga 10 besar yang kita umumkan hari ini sangat mungkin berubah. Dengan jutaan orang yang akan memilih, finalis yang tidak masuk 10 besar ini bisa terpilih dalam 7 besar," ujar Kepala Komunikasi New7Wonders Eamon Fitzgerald dalam situsnya yang dilansir, Senin (7/11/2011).

Sementara pendiri dan Presiden New7Wonders mengatakan kebanyakan finalis berlokasi di Benua Asia.

"Menunjukkan bahwa dunia semakin berkembang ke Timur. Dan pada saat yang sama saya tahu 7 besar yang aktual akan berubah dalam beberapa hari. Kami tetap senang dan tertarik untuk melihat siapa yang akan muncul sebagai New7Wonders of Nature sementara pada 11/11/11," jelas Weber.

Hasil 10 besar sementara New7Wonders itu adalah:

1. Laut Mati, Palestina-Israel-Yordania
2. Grand Canyon, AS
3. Great Barrier Reef, Australia
4. Halong Bay, Vietnam
5. Jeita Grotto, Libanon
6. Pulau Jeju, Korsel
7. Pulau Komodo, Indonesia
8. Puerto Princesa Underground River, Filipina
9. Sundarbans, Bangladesh-India
10. Vesuvius, Italia

New7Wonders mengatakan urutan di atas hanya merupakan urutan abjad dalam bahasa Inggris. Namun urutan ini bukanlah posisi jumlah suara yang berhasil dikumpulkan setiap kandidat.

 Sumber :
  1. http://www.detiknews.com/read/2011/11/07/115829/1761744/10/pulau-komodo-masuk-top-10-sementara-new7wonders
  2. http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2011/11/07/brk,20111107-365194,id.html

No comments:

Post a Comment