ROI GONZALES SILALAHI: Resensi Buku Hot Marketing

Logo Gunadarma

Logo Gunadarma

Wednesday 2 November 2011

Resensi Buku Hot Marketing

Judul               : HOT MARKETING : 15 Cara Paling Panas Mengorbitkan Merek
Penulis            : Ippho Santosa
Penerbit          : PT Elex Media Komputindo
Kategori         : Marketing
Tahun             : Februari - 2008
Tebal               : 160 Halaman


Isi Resensi



Buku ini menceritakan bagaimana memasarkan barang dan bagaimana usaha tersebut dapat dikenal oleh orang banyak, dari dalam maupun luar negeri. Marketing tidak bisa lepas dari merek atau brand suatu produk. Mereka atau siapapun mengaktifkan merek setiap hari, setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detik. Hey, saya tidak bohong! Lihat saja, banyak orang membicarakan merek Anda di rumah, di kantor, di restoran, di jalan dan dimana saja.
Salah satu bagian atau bab 1 menceritakan bagaimana merek haruslah “mudah diucap dan mudah ditulis”, sebagai contoh ; Bandingkanlah Rinso, So klin, Surf dan Attack. Mana  yang lebih memoreable/dapat diingat di benak ibu rumah tangga dan PRT? Itu mah  gampang di tebak, Rinso dan So klin! Kenapa? Jelas-jelas Surf dan Attack itu susah dieja-apalagi diingat ketika seorang ibu dan PRT membeli di warung!
Masih banyak bab yang penting dapat saya pelajari dari buku ini sehingga buku ini banyak memberi wawasan tentang pemasaran produk. Hal-hal apa yang harus di hindari walaupun memang ada pengecualian seperti contoh ada juga produk yang sulit dieja tapi terkenal secara internasional, katakanlah seperti Pierre Cardin, Volkswagen dan lain-lain.

Buku ini juga membahas banyak tentang kehidupan seorang artis di Indonesia dan Luar negeri seperti Agnes Monica dan Kate Moose untuk menceritakan bagaimana karir mereka bisa sangat meningkat di bidangnya masing-masing. Beberapa bab juga membahas bagaimana suatu perusahaan dapat berkembang seperti Dell dan McD. Semua itu dapat dikaitkan oleh Penulis melalui buku ini.

Dahsyatnya lagi buku ini memberikan pengetahuan bagaimana menghadapi persaingan dan mampu setidaknya memberikan dampak terhadap produk, orang dan perusahaan. Nah yang satu ini dinamakan oleh Penulis sebagai anti-brand. Penulis bermaksud menjelaskan bagaimana menyambut antibrand untuk mengembangkan popularitas. Bagaimana bisa? Nah begini, di Tanah air, kesuksesan Flexi dan Indomie mengundang antibrand namanya Esia dan Mi Sedap. Diluar negeri juga terjadi kurang lebih sama. Kesuksesan Windows mengundang antibrandnya Linux. Seiring perjalanan waktu, gesekan antibrand pun semakin keras. Britney spears yang dikecam oleh Christina Aguilera, Inul Daratista yang dihujat Rhoma Irama. Nah, apakah penolakan-penolakan itu berhasil memudarkan popularitas mereka? Ternyata tidak, yang terjadi malah sebaliknya. Siapa sih yang meragukan ketenaran Britney dan Inul? Setidak-tidaknya ketika itu, mereka sangat terkenal di masa mereka.
Cukup sekian dari saya, yang pasti tiap BAB-nya buku ini memberikan wawasan yang baik untuk mencapai kesuksesan dan sangat ringan untuk dibaca, artinya siapapun yang membaca buku ini akan sangat mudah untuk memahaminya karena diberikan penjelasan, contoh dan profile dari produk, seseorang serta perusahaan. Terima kasih. 


sumber : HOT MARKETING : 15 Cara Paling Panas Mengorbitkan Merek, Ippho Santosa.




Kelebihan : Buku ini memberikan banyak manfaat pembelajaran agar kita tidak sembarangan memberikan “Merek” atas suatu produksi. Kita tahu bahwa dalam buku ini menjelaskan bagaimana “Merek” bisa memberikan keuntungan pada penjualan barang produksi atau jasa.
Kekurangan : Buku ini menjelaskan tidak secara rinci apakah satu produksi dengan “Merek” yang bagus akan menghancurkan produksi lain. Hal ini membutuhkan data-data yang akurat, karena tidak bisa hanya dengan Merek yang bagus bisa menciptakan keuntungan yang besar. Banyak produksi yang menggunakan Merek tidak sesuai buku ini tapi masih bisa berproduksi, harus ada bukti-bukti penunjang seperti Laporan Keungan Perusahaan.
Penilaian : Buku ini saya Nilai sangat Bagus memberikan pengetahuan yang luas bagi calon Pengusaha muda.

No comments:

Post a Comment